Sabtu, 13 Desember 2014

Ekstrakurikuler Pamuka


Ekstrakurikuler Pramuka

Dari SD, SMP hingga SMA pasti kegiatan pramuka pasti selalu ada. Tidak hanya di sekolah standar nasional, kegiatan pramuka juga ada di sekolah swasta. Kegiatan pramuka masuk ke dalam kegiatan eksrakurikuler.  Kegiatan ekstrakurikuler sendiri adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Tujuannya untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan.
Kegiatan ekstrakurikuler sendiri dibagi menjadi dua yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Kegiatan Ekstrakurikuler wajib adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, contohnya Pramuka. Sedangkan, Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing, contohnya futsal, badminton dan jurnalistik.
Disini kita akan membahas pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Dalam permendikbud nomor 63 tahun 2014 menjelaskan bahwa pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. Mengapa pramuka? Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan suatu wadah organisasi yang mengajarkan siswanya tentang nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.

Dari nilai-nilai tersebut pramuka mengajarkannya secara individu maupun kelompok. Dari segi individu siswa dituntut untuk bisa mengerti dan mampu mengaplikasikan materi apa yang telah diterima. Sedangkan, dari segi kelompok, masing-masing siswa dituntut untuk dapat menahan ego masing-masing, bekerja sama dan peduli terhadap sesama. Oleh karenanya pemerintah menetapkan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

kolom komentar terdapat opsi anonim